jangle-tacks
Memanfaatkan Puisi Anak untuk Perkembangan yang Maksimal

Memanfaatkan Puisi Anak untuk Perkembangan yang Maksimal

Puisi AnakPuisi Anak. Baca selengkapnya ... » mungkin bukanlah hal yang lazim bagi anda, tapi bukanlah hal yang aneh untuk dikenali. Jika anda sudah menyukai puisi, Puisi Anak ini bisa menjadi perbendaharaan puisi yang sangat menarik. Apalagi, anda mungkin mewariskan kecintaan anda ini kepada putr-putri kecil anda. Tentu anda akan berusaha mengenalkan si kecil dengan aktifitas menulis puisi yang sangat menyenangkan ini. Bagi anda, tidaklah sulit menulis suatu puisi, tetapi akan berbeda dengan anak-anak.

Seringkali anak-anak menganggap puisi sebagai cerita. Lihat saja, bagaimana isi dari Puisi Anak yang mereka buat itu lebih seperti cerita, atau sebaliknya, sebuah puisi yang mereka susun, mereka sebut sebagai cerita. Dari sinilah tercipta tantangan bagi orang tua ataupun pengajar untuk memperkenalkan Puisi Anak yang sesungguhnya. Anda bisa memulai dengan media terdekat yang paling mudah diterima anak-anak, yaitu gambar. Ajak mereka untuk menulis puisi berdasarkan gambar yang mereka lihat.

Mengapa Mengenalkan Puisi Anak Sangat Dianjurkan

Biarkan anak anda mengembangkan imajinasinya lewat Puisi Anak. Ijinkan mereka menulis apa saja dari sampul buku yang mereka baca, dari permainan bola yang sedang dilihatnya, dari apapun yang bisa mereka rasakan, dengar, dan lihat. Apapun yang mereka temui bisa dijadikan Puisi Anak yang indah.

Memberikan pelajaran tentang bagaimana menyusun puisi bisa sangat menyenangkan anda. Membaca tulisan mereka yang menyentuh, yang mengungkapkan apa yang tidak pernah terucap, ini semua bisa sangat menggetarkan hati siapapun yang membaca Puisi Anak tersebut. Jadi, salah satu jenis keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak-anak adalah menulis Puisi Anak. Tidak perlu bakat yang luar biasa demi mewujudkan suatu puisi. Selama ada kemauan untuk belajar dengan tekun dan giat, semua anak bisa menulis puisi.

Menjadi Pendamping yang Tepat dalam Penulisan Puisi Anak

Dampingilah anak anda dalam usahanya menulis puisi. Ajarlah tahap awalnya untuk menemukan tema. Selanjutnya, dia bisa mengembangkannya menjadi larik atau bait dengan kata-kata yang menurut anak-anak indah. Ajaklah anak-anak anda untuk melibatkan perasaanya ketika menulis Puisi Anak.

Pancinglah imajinasi mereka, supaya mereka lebih mudah berekspresi lewat tulisan. Buatlah anak-anak mencintai kegiatan menulis ini. Karena dari sini, mereka juga bisa mengembangkan intelektualitasnya, meningkatkan kecerdasannya, meluaskan pengetahuan dan wawasannya, serta mendorong sikap kritisnya. Jadi tidak ada salahnya jika anda orang tua ikut membantu anak-anak hidup lebih dekat dengan Puisi Anak.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » Buatlah 4baris puisi dari gambar ibu sedang mengendong bayi & tidak lupa juga judul yangtepat? » contoh syair tentang perkembangan anak » macam puisi tentang tumbuh kembang

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector