jangle-tacks
Cegukan Pada Bayi

Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi adalah hal yang sering dialami dan bahkan terjadi setiap hari lho, tetapi para ibu sering kali kebingungan mengatasi cegukan pada bayi. Cegukan pada bayi adalah proses yang alami untuk menguatkan system pernapasan paada bayi. Pasti para ibu risih melihat bayi tersiksa pada saat mngalami cegukan?

Tapi para ibu jangan terlalu khawatir terhadap fenomena ini, karena ketika bayi cegukan, sibayi sedang dalam proses tumbuh kembang dan memperkuat tubuhnya.

Yang terjadi pada saat cegukan sebenarnya ialah memperluas paru-paru, proses ini sama halnya pada saat bayi menangis. Sebenarnya bayi mulai cegukan pada saat si bayi mulai mengembangkan system pernapasannya didalam rahim ibu yang biasanya pada umur trismester kedua ibu baru bisa merasakan saat bayi cegukan didalam dirinya.

Penyebab cegukan pada bayi bermacam-macam. Biasanya disebabkan sebagai berikut :

  • Pada waktu menyusui puting kurang masuk kedalam mulut sibayi sehingga ada udara yang masuk terhisap atau bisa juga pada saat bayi minum susu dari botol karena ada udara yang ikut terhisap.
  • Bayi yang mempunyai penyakit gastroesophageal biasanya cenderung lebih sering mengalami cegukan. Tidak hanya itu, bayi dengan penyakit ini juga akan meludah, gelisah dan juga mengalami batuk-batuk.
  • Cegukan sering kali berawal ketika seseorang / bayi melakukan dua hal sekaligus, misalnya tertawa / bicara selagi makan sekaligus.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu menghilangkan / mencegah terjadinya cegukan :

  • Pastikan selalu memonitor bayi pada saat menyusui pastikan bayi tidak menyusui dengan tergesa-gesa / buru-buru, tapi pastikan secara perlahan-lahan.
  • Bayi yang sering bersendawa pada saat selesai menyusui adalah hal yang paling efektif mencegah cegukan pada bayi.
  • Pastikan tidak member makan bayi dengan cara tergesa-gesa dan terlalu banyak.
  • Jika bayi mengalami cegukan pada saat makan / minum, maka cobalah menepuk-nepuk punggung bayi perlahan-lahan dan membiarkannya rileks dahulu sebelum melanjutkan makan / minum kembali.

Profesor Mazur menuturkan jika cegukan menyebabkan bayi muntah, batuk, bahkan sangat rewel atau sangat tidak terkendali hingga bayi berusia lebih dari satu tahun, maka sebaiknya orangtua memeriksakannya ke dokter dengan segera. Sebenarnya pada saat bayi cegukan tidakbanyak yang bisa dilakukan orangtua, karena biasanya cegukan pada bati hilang dengan sendirinya. Tapi jangan pernah menghentikan cegukan dengan cara mengagetkan atau mengejutkannya. Karena tidak dapat mencegah atau menghilangkan cegukan pada bayi.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » cegukan pada bayi » bayi cegukan tiap hari » mengatasi cegukan pada bayi 0 bulan

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector