jangle-tacks
Mainan Anak Membantu Perkembangan Anak

Mainan Anak Membantu Perkembangan Anak

Bermain dengan mainan adalah kesukaan setiap anak. Terlebih apabila mainannya masih baru. Anak akan senang sekali memainkannya berulang-ulang. Bagi anak mainan adalah hiburan yang sangat menyenangkan. Mainan dengan model yang beraneka ragam bisa membantu tumbuh kembang anak.

Bagi dunai industry, berbisnis dalam dunia mainan merupakan hal yang sangat prospek dan berpeluang. Terutama membuat mainan untuk kalangan anak-anak.

Ada beberapa manfaat mainan untuk anak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mainan anak untuk perkembangan anak.

  • Perkembangan Fisik

Dengan mainan akan membantu anak untuk melatih otot2nya melaui gerakan. Sebagai contoh untuk melatih agar cepat merangkak. Untuk hal ini, kita bisa merangsangnya melalui mainan. Caranya adalah menarik mainan tersebut dan biarkan bayi menggapainya atau  mengejarnya. Dengan hal ini si bayi akan bergerak tanpa ia sadari, lakukan hal tersebut hingga bayi lancer  merangkak.

  • Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus

Kedua motorik ini bisa dilatih sejak usia kecil. Motorik kasar biasnaya berhubungan dengan gerakan yang menggunakan otot-otot kasar misalnya melempar, menendang, melompat. Untuk gerakan motorik halus sendiri berkaitan dengan otot-otot halusnya misalnya menulis, menggenggam. Kesemua motorik ini dapat dilatih dengan mainan.

  • Perkembangan Sosial

Dengan mainan akan membantu untuk berimajinasi.salah satu caranya adalah dengan mengajak anak berkomunikasi dengan mainannya. Seolah dia menganggap mainannya adalah sahabatnya. Dengan kebiasaan seperti ini akan membantu anak untuk bersosialisasi dengan teman bermainnya.

  • Perkembangan Emosi

Ada beberapa anak yang rewel dan gampang menangis akan mudah ditenangkan dengan mainan. Disamping itu dengan mainan akan bisa melepaskan rasa emosinya dengan menendang, melempar, ataupun dengan mengejar.

  • Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah perkembangan anak yang  berkenaan dengan perkembangan pola pikir. Pola pikir ini berkaitan dengan aktivasi otak sebagai contoh berhitung, membedakan bentuk suatu benda, membedakan warna. Perkembangan kognitif ini bisa dirangsang dengan mainan agar lebih maksimal dan efektif.

  • Perkembangan Indra

Perkembangan panca indra anak bisa dirangsang dengan mainan. Baik itu pendengarannya, penglihatannya, indra perasanya dan indra2 yang lain. Dengan mainan ini akan membantu perkembangan panca indranya. Maksimalkan dengan mainan yang sesuai

Berikanlah anak dengan mainan yang sesuai untuk membantu segala perkembanngan yang dibutuhkannya. Bijaklah dalam membelikan mainan untuk anak.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » mainan adalah » berapa banyak anak yang menyukai mainan a » mainan yang bisa membantu perkembangan otak anak

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector