jangle-tacks
Tumbuh Kembang Anak Di Usia Sekolah

Tumbuh Kembang Anak Di Usia Sekolah

Tumbuh kembang anakMengamati Proses Tumbuh Kembang Anak. Baca selengkapnya ... » di usia sekolah (pra TK dan TK ) adalah masa dimana anak mulai meninggalkan masa balita dan menginjak masa sekolah. Saat – saat yg paling di tunggu oleh kebanyakan orang tua karena di masa ini adalah masa paling penting bagi anak itu sendiri dan tentunya bagi para orang tua.Dari masa kehamilan 9 bln, masa bayi, masa balita, masa anak – anak,masa remaja dst.

Tumbuh kembang anak di usia sekolah merupakan fase di mana anak mulai mengenal lingkungan luar dan lebih luas, karena anak mulai berinteraksi dengan orang – orang yang baru di kenal,dan dalam lingkup besar.Oleh karena itu banyak yg dapat diperoleh anak tersebut baik dampak positif maupun negative. Disinilah peran keluarga terutama orang tua untuk dapat membantu anak membedakan mana yang boleh di lakukan dan tidak boleh di lakukan.

Faktor – faktor yang sering mempengaruhi tumbuh kembang anak:

1 . GIZI

Gizi yang baik tentunya mempengaruhi tumbuh kembang anak di usia sekolah, dimana dengan gizi yang baik menjadikan anak tumbuh dengan sehat dan meminimalisir akan penyakit,karena anak yang menginjak di usia sekolah aktivitas jadi lebih banyak dan beragam. Anak lebih tertarik untuk belajar sesuatu yang baru, bermain dengan ceria bersama temannya. Gizi yang baik tentunya kita dapatkan dari menu makanan anak, vitamin tambahan dan susu.

2 . MENTAL

Mental anak dalam lingkungan baru sangat di butuhkan,karena anak mulai mengenal banyak hal mulai dr awal pencarian jati diri anak, rasa keingintahuan, kemandirian, dan tanggungjawab. Dan mental anak sendiri terlihat di kala anak msh bayi. Disinilah masalah yang paling sensitive yang harus di hadapi orang tua. Kenapa? secara otomatis anak sudah mempunyai beberapa ruang lingkup dalam belajar yang dapat mempengaruhi psikologi anak .

3 . LINGKUNGAN

Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama dan dasar bagi anak,karena itu keluarga berperan penting dalam pertumbuhan anak apalagi mulai menginjak dunia sekolah. Lingkungan yang kedua dst,dapat memberi pengaruh jauh lebih banyak dan berbeda bagi anak seperti suka membanding–bandingkan, ingin dapat perhatian yang lebih, ego dll.

Lingkungan baru tidak hanya dampak negative yang perlu di waspadai orang tua tetapi banyak juga dampak positif yang di dapat seperti anak mulai mengerti untuk berbagi kepada orang lain, menolong kesusahan teman maupun orang tua nya dsb.

Dalam menyikapi dampak – dampak negative lingkungan bagi tumbuh kembang anak sebaiknya orang tua jangan melihat dari satu sisi.

Berikut ini sebaiknya apa yang harus orang tua tanamkan kepada anak sejak dini dalam menghadapi usia tumbuh kembang anak nantinya:

  1. Pendidikan agama yang cukup dan kuat sebaiknya kita tanamkan sejak dini,karena dengan pendidikan agama yang cukup bisa mengendalikan perilaku moral anak di dalam lingkungan baru yaitu lingkungan sekolah.
  2. Kasih sayang dan perhatiian yang cukup menjadikan keluarga menjadi tempat berbagi yang paling nyaman bagi anak. Sehingga anak tidak akan cari penyelesaian di luar dari keluarga yang mungkin bukan jalan keluar yang anak dapat tetapi pengaruh yang jauh lebih buruk. Alangkah baiknya bila anak kita jadikan sebagai teman atau sahabat dalam menghadapi anak yang mulai mengalami pertumbuhan.
    Karena dengan kita bisa menjadi teman/sahabat,anak jadi bisa dengan leluasa bercerita kepada kita apa yang terjadi di luar sana. Sebaiknya kita jadi pendengar yang baik buat anak, setelah mereka selesai bercerita ataupun keluh kesah. Disini peran orang tua untuk membantu mencari solusi dalam tumbuh kembang anak kita.

 

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » tumbuh kembang anak usia sekolah » artikel tumbuh kembang anak » tumbuh kembang anak usia prasekolah

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector