jangle-tacks
Tahapan Perkembangan Bayi

Tahapan Perkembangan Bayi

Umunya tiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda, bayi satu mungkin sudah bisa tengkurap umur 3 bulan yang lain mungkin umur 5 bulan. Ada yang usianya lebih satu tahun belum bisa berjalan. Bila anda khawatir akan ketertinggalan tahapan perkembangan bayiMemahami dan Menikmati Perkembangan Bayi Anda. Baca selengkapnya ... » anda bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Gerakan bayi umumnya didominasi oleh gerak refleks. Dengan berkembangnya sistem saraf, di usia 2 bulan gerakan refleksnya berkurang dan kemampuan kognitif serta sosial bayi berkembang dengan pesat.

Nah, ada beberapa step yang menjadi tahan perkembangan buah hati anda.

Di usia 1,5-2 bulan si kecil akan belajar tengkurap. Tengkurap terjadi ketika bayi berhasil bertumpu pada perutnya dan bertahan pada posisi tersebut beberapa saat. Anak tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri, lalu ia belajar berguling.

Sedangkan di usia 2 bulan bayi Anda mampu mengontrol gerakan leher dan kepalanya. Ia dapat mengangkat kepala membentuk sudut 45 derajat dengan cara bertopang pada kedua tangannya saat usiannya 3 bulan.

Nah, pada usia 4-5 bulan bayi anda akan mencoba untuk mengekspresikan emosinya lewatan letupan emosi yang tiba-tiba. Anda pernah bukan mendengar si kecil mengeluarkan suara dengan nada tinggi penuh kesenangan saat berhasil meraih benda yang diinginkan atau ketika ia merasa senang dengan kehadiran Anda?

Umumnya tahapan perkembangan bayi pada awal hidupnya, suara-suara yang dikeluarkannya merupakan respons tubuhnya terhadap emosi saat itu.

Di usia 4–5 bulan, tahap perkembangan buah hati anda bertambah dari segi motoriknya. keduanya tangan anak semakin terampil.

Pada usia 7-8 bulan, tahapan perkembangan bayi yang mengagumkan dari seorang anak adalah saat ia bisa duduk sendiri. Ketika otot-otot punggung dan lehernya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya, ia belajar untuk duduk.

Merangkak adalah cara pertama bayi untuk dapat mengeksplorasi sekeliling ruang untuk mempelajari hal-hal baru yang menarik perhatiannya, tahapan perkembangan bayi yang satu umumnya terjadi saat usia bayi menginjak 7-8 bulan.

Makan sendiri dimulai sejak usia 6 bulan yaitu saat bayi Anda sudah bisa menggunakan tangan dan jari-jarinya dengan baik dan koordinasi mata serta tangannya yang juga semakin berkembang. Saat si kecil sudah mengenali anggota keluarganya di usia sekitar 6 bulan, ia mulai dapat membedakan wajah orang-orang dekat dalam kehidupannya.

Langkah pertama si kecil merupakan gerakan awal anak untuk menjadi sosok yang mandiri. Di usia 8-9 bulan ia mulai bisa mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri. Saat si kecil menginjak usia 18 – 24 bulan mereka akan belajar untuk berkata kata .

Rata-rata tahapan perkembangan bayi bisa lancar bicara di usia 2 tahun sebelum kata-kata pertama keluar dari mulutnya, dia belajar peraturan berbahasa dan melihat bagaimana orang dewasa berkomunikasi.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » cara berkembang pertumbuhan bayi » 5 hal yan menarik dari perkembangan bayi » Step-step perkembangan bayi

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector