jangle-tacks
Psikologi Perkembangan Anak

Psikologi Perkembangan Anak

Anak usia dini pasti lebih senang dengan hal- hal yang bisa membuat anak senang seperti bermain, belajar karena dengan inilah anak- anak lebih senang apalgi mereka tidak perlu memikirkan banyak hal layaknya orang dewasa. Namun, anda harus tetap memperhatikan perkembangan anak anda. Perkembangan dan pertumbuhan anak merupakan hal penting dalam menunjang fisik dan mental anak. Perkembangan anak berhubungan dengan keadaan dan kondisi dalam keluarga yang harmonis atau keluarga yang kurang harmonis. Oleh karea itu, psikologi perkembangan anak harus lebih di perhatikan untuk perkembangan dan pertumbuhan secara meunyeluruh apalagi jika anak tersebut masih dalam usia dini yang masih harus di perhatikan oleh orang tua dan keluarga.

Anak memiliki masa atau perode keemasan pada usia 0- 8 tahun, laju keemasan ini anak akan mengalami tingkat perkembangan yang drastic mulai dari cara berfikir, emosi, motorik, fisik dan secara social. Peran orang tua disini, sangat berpengaruh pada psikologi perkembangan anakPsikologi Perkembangan Anak. Baca selengkapnya ... ». untuk itu, berikut ini hal yang harus di perhatikan bagi orang tua.

Perkembangan kognitif

  • Tahap sensorimotor, ini merupakan masa awal anak dengan memproduksi berbagai kejadian, mulai menggunakan peralatan untuk tujuannya dan melakukan berbagai eksperimen untuk menemukan hal baru. tahap ini saat anak usia 0- 2 tahun
  • Tahap pra- operasional, tahap ini anak akan menerima rangsangann yang terbatas dengan kemampuan bahasa, masih belum mampu untuk berfikir abstrak. Tahap ini saat anak usia 2- 7 tahun.
  • Tahap konkret operasional, tahap ini anak sudah bisa berfikir secara rasional seperti melipat, menyusun, melakukanpemisahan, penambahan dan membagi. Tahap ini saat usia 7- 11 tahun.
  • Tahap formal operasional, tahap ini anak mulai beranjak dewasa dengan berfikir hipotetik, sudah menampung dan berfikir abstrak seperti matematika, agama dan fisika.

Perkembangan bahasa

  • Periode prelingual, usia 0- 1 tahun dengan cirri mengoceh dengan orang tua atau menanggapi respon berbeda. Misalnya ketika bayi temu dengan orang di kenalnya maka ia akan tersenyum dan mengis kepada orang tidak di kenal atau takutinya.
  • Periode lingual, usia 1,2- 5 tahun. Tahap ini dengan membuat kalimat satu atau dua kata.
  • Periode diferensiasi, usia 2,5- 5 tahun yang telah memiliki kemampuan dewasa sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » cara mendidik anak usia 8 tahun » cara mendidik anak umur 8th » psikologi kejiwaan anak umur 0 sampai 5 thn

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector