jangle-tacks
Perkembangan Bayi Selama 1 Tahun

Perkembangan Bayi Selama 1 Tahun

Tahukah anda tahap perkembangan bayiTahap Perkembangan Bayi. Baca selengkapnya ... » yang sebenarnya selama 1 tahun seperti apa?

Berikut ini 10 tahap perkembangan penting bayi anda:

1. Perkembangan bayi usia 1 bulan

Untuk bayi berumur 1 bulan ternyata dia sudah bisa melihat jelas dalam jarak 8-12 inchi. Pada bulan ini juga bayi lebih banyak tidur daripada bangun.

2. Perkembangan bayi usia 2 bulan

Di usia ini bayi sudah dapat membedakan wajah dan suara orang yang berada di dekatnya.

 3. Perkembangan bayi usia 3 bulan

Bayi sudah mulai bisa memegang benda serta mengikuti arah gerakan benda. Pada tahap perkembangan bayiPerkembangan Bayi Sehat. Baca selengkapnya ... » usia 3 bulan, bayi mulai memiringkan badannya ke kiri atau ke kanan. Biasanya bayi akan memiringkan badan pada satu sisi terlebih dahulu.

 4. Perkembangan bayi usia 4 bulan

Tahap perkembangan bayi usia 4 bulan, bayi sudah mulai bisa melakukan posisi tengkurap. Selain itu bayi mulai dapat mengangkat kepalanya membentuk sudut lebih besar yaitu 90o dalam posisi tengkurap.

 5. Perkembangan bayi usia 5 bulan

Di usia 5 bulan, bayi mulai mengeluarkan suara-suara dengan nada tinggi yang merupakan respon dari tubuhnya terhadap emosi saat itu. Bayi akan mengeluarkan suaranya biasanya dengan teriakan apabila dia merasa senang karena berhasil mendapat keinginannya. Atau pun juga berceloteh seperti “mamamama”, “papappapa”, “bmbmbmbmb” dan lain sebagainya. Suara yang dikeluarakannya adalah sarana komunikasi untuk bayi dengan orang-orang sekelilingnya.

5. Perkembangan bayi usia 6 bulan

Di usia  6 bulan keterampilan tangan dan kaki bayi semakin tinggi. Salah satunya dengan cara memberikan mainan bayi dengan warna-warna cerah, sehingga bayi akan menggerakkan kaki dan tangannya untuk mendapatkan mainan tersebut.

7. Perkembangan bayi usia 7 bulan

Di usia 7 bulan, keterampilan jari-jemari bayi akan semakin meningkat. Satu tangannya akan digunakan untuk memegang, sedangkan tangan lainnya untuk bereksporasi (mengambil mainan lainnya). Selain itu, pada usia ini bayi mulai belajar untuk dapat duduk sendiri. Namun masih diperlukan bantuan dari orang sekitarnya.

8. Perkembangan bayi usia 8 bulan

Di usia ini bayi sudah mulai dapat duduk sendiri. Ketika otot-otot punggung dan lehernya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya, maka bayi akan dapat duduk sendiri. Di usia ini, bayi anda akan mulai menguasai kepandaiannya dalam tengkurap, lalu duduk sendiri tanpa bantuan orang lain. Perkembangan bayi usia 8 bulan setelah bayi mulai bisa duduk sendiri, bayi akan mencoba untuk merangkak dengan kegiatan seperti mini push up.

9. Perkembangan bayi usia 9 bulan

Perkembangan bayi usia 9 bulan ini, bayi sudah dapat merangkak untuk mendapatkan benda yang akan dia ambil. Biasanya di usia ini kedua tangannya semakin terampil memegang benda. Kemudian, suka sesekali memasukkan benda tersebut kedalam mulutnya.

10. Perkembangan bayi usia 10 – 12 bulan

Di usia ini, bayi sudah mengenali anggota keluarga, dan takut pada orang yang belum di kenal. Ia dapat melihat, mendengar, dan mengamati orang yang dikenalnya. Bayi sudah mulai mengenal kenyamanan dan rasa tidak nyaman terhadap seseorang yang belum di kenalnya dengan yang sudah dikenalnya. Biasanya bayi akan merasa takut, jika bertemu dengan orang yang belum dikenalnya. Pada tahap ini juga biasanya bayi akan mulai belajar dan pandai berjalan apabila otot-otot kakinya semakin terlatih dan kuat.

Untuk dapat berjalan, bayi akan menggeserkan kedua tangannya ke samping diikuti langkah kedua kakinya. Di akan mulai belajar berjalan. Di usia 11 bulan, ia sudah mampu berdiri sendiri dalam beberapa detik sekitar 2 detik tanpa bantuan apa pun dan mencoba untuk melangkah sendiri. Barulah di usia 12 bulan, horeee bayi telah siap berjalan walaupun masih sedikit jatuh bangun.

Semoga keterangan singkat mengenai Perkembangan Bayi Selama 1 Tahun ini bermanfaat untuk anda.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » Perkembangan anak 1 tahun » perkembangan bayi 1 tahun » Tahapan perkembangan bayi mulai usia 0 hingga 1 tahun

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector