jangle-tacks
Menyikapi Dunia Belajar Anak TK

Menyikapi Dunia Belajar Anak TK

Dunia belajar anakPentingnya Mengetahui Dunia Belajar Anak. Baca selengkapnya ... » di usia 4 – 6 Thn adalah di mana anak mulai mengenal banyak hal di lingkungan baru. Karakter anak yang mulai menginjak dunia belajar beragam ada yang tertarik dan sangat bersemangat bahkan ada yang belum mau untuk mengenal kata belajar dalam arti yang luas atau tahapan lanjut.

Memasuki Dunia Belajar anak selain guru yang berperan di sekolah, orang tua anak juga di tuntut untuk berperan aktif di lingkungan keluarga.

Berikut ini cara peran aktif orang tua untuk membuat suasana dunia belajar anak menjadi menyenangkan dan membuat anak suka dengan kata belajar :

  1. Jadi pendengar  yang baik buat anak di saat anak menceritakan suasana sekolah ataupun kegiatan di sekolah. Karena dengan kita tahu apa yang  di ceritakan anak di lingkungan sekolah dalam proses belajar, orang tua bisa memberikan contoh yang baik kepada anak dalam proses belajar dan membantu kesulitan anak dalam tahap belajar sekolah.
  2. Membuat jadwal dan waktu yang tepat buat belajar menjadikan anak betah dan menciptakan suasana hati anak senang dalam belajar. Tapi perlu di ingat orang tua bahwasanya dalam dunia belajar anak TK janganlah di paksakan.Untuk waktu kita sesuaikan dengan anak itu sendiri yang penting dalam sehari orang tua bisa menciptakan belajar bersama jadi kita bisa tahu kesulitan anak dalam belajar misal dalam memegang pensil, menyebut angka dan huruf.
  3. Memberikan penilaian  kepada anak di saat belajar karena dengan adanya penilaian, anak jadi tahu porsinya belajar. Sebisa mungkin kita kasih pujian untuk anak bila anak sudah belajar dengan maksimal, tapi jangan sekali – kali menghina atau memarahi anak bila anak belum bisa maksimal dalam belajar. Malah sebaliknya orang tua harus bisa membuat suasana belajar  menjadi nyaman dan kenali daya konsentrasi anak itu sendiri. Karena dengan memarahi ataupan menghina menjadikan anak kurang percaya diri dan dalam belajar pun malas.
  4. Berikan kesempatan pada anak untuk melakukan apa yang harus anak lakukan,di sini orang tua hanya mengoreksi bila salah dan memberikan contoh yang benar.

 

Lagi – lagi peran orang tua sangat di butuhkan dalam dunia belajar anak sehingga anak merasa senang dan nyaman dalam belajar. Hasilnya pun InsyaAllah maksimal dan membuat para orang tua tersenyum melihat kemajuan anak.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » dunia belajar tk » perkembangan anak anak tk » metode belajar untuk anak yg tidak mau masuk kelas dan memegang pensil

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector