jangle-tacks
Mengamati Proses Tumbuh Kembang Anak

Mengamati Proses Tumbuh Kembang Anak

Mencermati proses tumbuh kembang anakIkuti Tumbuh Kembang Anak. Baca selengkapnya ... » merupakan sesuatu yang cukup menyenangkan dan menantang bagi orang tua, terutama ibu. Pada proses tersebut, banyak hal baru yang ditemui pada tiap level kenaikan pertumbuhan berdasarkan  aspeknya.

Istilah tumbuh kembang, sebenarnya berasal dari akar kata “tumbuh” dan “kembang”. Di mana keduanya memiliki  fungsi yang sama-sama saling menunjang. Istilah “tumbuh” dijadikan sebagai acuan untuk aspek-aspek yang bersifat fisik, misalnya pertambahan tinggi badan, berat badan dan yang lainnya. Sedangkan “kembang” sebagai acuan untuk aspek-aspek yang bersifat psikologis, seperti kognisi, sosioemosional dan yang semisalnya.

Dalam proses tumbuh kembang seorang anak, di sini bukan hanya menitik beratkan pada diri si anak, namun di tuntut peranan yang cukup besar bagi orang tua untuk mengoptimalkan proses  tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat di jadikan sebagai acuan guna  mengamati tumbuh kembang anak sejak usia dini.

Aspek-aspek tersebut antara lain:

Pertumbuhan fisik-motorik

Pertumbuhan fisik seorang anak perlu di perhatikan. Kurang optimalnya proses pertumbuhan pada fisik anak merupakan salah satu tanda bahwa ia memiliki masalah. Maka di sini orang tua harus jeli dan jika perlu rutinlah mengecek pertambahan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan tonus otot anak.

Perkembangan kognitif dan emosi

Perkembangan aspek kognitif merupakan proses  di mana seorang anak mulai bisa mendapatkan pengetahuan tentang dunia yang ada di sekitarnya. Untuk mengamati proses ini, maka orang tua bisa melihat dari kemampuan berfikir anak, kemampuan belajar, kemampuan menangkap benda, kemampuan mengingat serta kemampuan memahami.

Perkembangan sosial

Pada tahap perkembangan sosial seorang anak, bisa di lihat  dari sejauh mana kemampuannya dalam menyesuaikan diri serta mengembangkan tingkah laku sosialnya terhadap lingkungan sekitar.

Perkembangan bahasa

Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mengekspresikan diri berkaitan dengan kebutuhan dan keinginannya.  Bahkan, yang abstrak hingga yang kompleks sekalipun bisa diterjemahkan dengan rangkaian kata bermakna sehingga dapat di fahami oleh orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya. Kemampuan berbahasa ini merupakan hal yang cukup penting, karna ia adalah modal awal untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam tumbuh kembang anak.

 

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » proses tumbuh kembang anak » tahap tumbuh kembang anak » aspek aspek dalam proses tumbuh kembang anak

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector