jangle-tacks
Tips Memilih Makanan Pendamping ASI

Tips Memilih Makanan Pendamping ASI

Makanan Pendamping ASIMakanan Pendamping ASI. Baca selengkapnya ... » – Memilih makanan pertama pertama kepada bayi merupakan pengalaman yang istimewa dan menyenangkan. Karna, pada tahap ini seorang ibu akan menyaksikan fase peralihan buah hatinya menuju kehidupan yang lebih mengandung berbagai cita rasa. Katika bayi mulai menginjak usia 6 bulan ke  atas, maka di sini di tuntut peranan yang matang dari seorang ibu untuk lebih memahami dan mengetahui bahwa pada fase ini sang buah hati sudah saatnya diberi makanan pendamping selain ASI.

Namun, ada banyak hal yang perlu di sikapi dengan jeli dan bijaksana terkait jenis makanan apa saja yang sesuai dan baik untuk buah hati.

Berikut ada beberapa tips yang tepat dalam memilih makanan pendamping ASI, yaitu:

1. Memperkenalkan makanan semi-padat

Sejumlah penelitian medis menyarankan untuk mulai memperkenalkan jenis makanan semi-padat pada buah hati ketika ia menginjak usia 6 bulan. Dalam masa ini, sistem pencernaan serta kekebalan tubuh buah hati sudah mulai terbentuk sempurna, sehingga tubuh sudah bisa di katakan siap untuk mulai mengenal makanan lain selain ASI. Hal itu sangat baik untuk membantu tubuh bayi dari resiko alergi makanan.

2. Jangan tambahkan garam dan pemanis

Jangan menambahkan garam maupun gula untuk menambah rasa pada makanan semi-padat yang pertama kali diperkenalkan pada bayi. Biarkan bayi merasakan rasa asli makanan yang di makannnya, ini untuk melatih supaya ia terbiasa mengenal rasa asli berbagai jenis makanan. Di samping itu, garam dapat beresiko pada ginjal bayi dan pemanis dapat berakibat kecanduan (makanan manis) ketika bayi tersebut tumbuh semakin dewasa.

3. Biarkan bayi belajar mengenal rasa tiap jenis makanan

 Pada masa-masa ini, kenalkan bayi pada jenis makanan seperti bubur beras dengan satu macam sayuran atau buah. Jangan pernah mencampur-adukkan jenis makanan pada makanan pendamping ASI. Biarkan bayi berlatih untuk bisa mengecap rasa asli dari apa yang ia makan. Ini akan mambantunya untuk merespon satu persatu tiap rasa dari makanan, selain itu juga dari sini seorang ibu bisa mengetahui jenis makanan seperti apa yang disukai bayi.

4. Sebaiknya buatlah menu pendamping ASI dengan racikan sendiri

Membuat menu pendamping ASI dengan carikan sendiri, cenderung lebih baik efeknya bagi kesehatan bayi. Karna ibu bisa memberikan secara berganti dari berbagai macam menu yang diberikan pada  bayinya. Bisa dari sayuran, buah, daging yang di giling, maupun jenis makanan padat yang dihaluskan.

 

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » makanan pendamping asi pertama kali » makanan pendamping asi pertama » menu pendamping asi

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector