jangle-tacks
Tanda-Tanda Bayi Mendapat Cukup Air Susu Ibu

Tanda-Tanda Bayi Mendapat Cukup Air Susu Ibu

Air Susu Ibu merupakan makanan bayi yang sangat penting bagi masa pertumbuhannya. Tidak hanya pertumbuhan semasa bayinya saja, tetapi pemberian air susu ibu berpengaruh terhadap pertumbuhannya setelah melebihi usia 5 tahun bahkan saat dewasa.

Bagi ibu yang baru memiliki bayi, tentu sedikit yang mengetahui apakah bayinya telah benar-benar mendapat air susu ibu yang cukup atau tidak.

Berikut beberapa tanda-tanda secara umum yang bisa dijadikan pegangan bila bayi anda tidak mendapat air susu ibu yang cukup :

  1. Bayi yang tidak mendapat cukup air susu berat badannya tidak naik 2 minggu setelah lahir.
  2. Setelah menyusui, payudara anda tidak berasa lebih lembut.
  3. Bayi anda sering letih, bisa dilihat pada saat pemberian air susu lebih sering berhenti menyusui (intensitas menyusui jarang).
  4. Pada saat menyusui, bayi anda mengeluarkan bunyi berdecit, hal tersebut disebabkan karna pipi bayi anda yang cekung. Bayi anda tidak menghisap air susu dengan benar. Harap perhatikan tips-tips menyusui.
  5. Kerutan kulit tidak hilang seminggu setelah lahir.
  6. Muka, mata, dada, kaki, perut bayi anda semakin kuning seminggu setelah melahirkan.
  7. Tubuh bayi anda tidak berisi tiga minggu setelah melahirkan.
  8. Bayi yang kurang air susu, buang air kecilnya akan kurang dari 6 atu 8 kali dalam 24 jam.
  9. Mulut bayi tidak mengkilap dan tampak tidak basah.
  10. Bayi tidur terlalu lama, sehingga waktu menyusuinya sangat kurang.

Bila anda menemukan beberapa tanda-tanda tersebut diatas, mungkin ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter anak anda atau meminta saran kepada para ibu-ibu yang lebih banyak memiliki pengalaman tentang pemberian air susu ibu yang cukup bagi anak.

Entah itu mungkin dari faktor cara menyusui, atau mungkin kurangnya air susu ibu itu sendiri. Saat bayi anda cukup mendapat air susu ibu, maka dia akan terus-terusan menghisap tanda berhenti, dan terhenti saat merasa kenyang dan sang ibu pun tidak akan merasakan sakit saat proses menyusui.

Bagi para ibu muda sebaiknya rutin konsultasikan perkembangan bayinya sebulan sekali ke posyandu atau puskesmas terdekat.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » makalah tanda bayi cukup ASI » apa saja tanda bayi mendapat cukup asi » bayi 0 bulan intens menyusui

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector