jangle-tacks
Panduan Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Panduan Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun

Pemberian makanan Pendamping ASIMakanan Pendamping ASI Yang Tepat. Baca selengkapnya ... »  dimulai setelah bayi berusia 6 bulan tanpa menghentikan pemberian ASI itu sendiri, karena makanan utama bayi sampai dengan usia 1 tahun tetaplah ASI.

Setelah bayi berusia 6 bulan, tubuhnya membutuhkan nutrisi lebih dari sekedar ASI, selain itu sistem pencernaannya juga sudah berkembang sehingga si kecil siap untuk mengenal jenis-jenis makanan.

Pemberian makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan usianya agar si kecil sistem pencernaannya tidak “kaget”.

Berikut panduan pemberian makanan Pendamping ASI sesuai dengan usia si kecil:

  • Usia 6 bulan

Makanan Pendamping ASI yang pertama diberikan adalah buah segar yang disajikan dalam bentuk pure. Kandungan karbohidrat pada buah segar mudah dicerna. Bayi usia ini sebaiknya tidak diberi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang susah dicerna seperti nasi atau bubur yang terbuat dari beras maupun bahan makanan pokok lain yang sulit dicerna.

Berikut buah yang aman untuk bayi usia 6 bulan : jeruk baby, jeruk keprok manis, jambu biji merah, pepaya, avokad, melon, semangka, apel, pir, pisang ambon dan mangga manis (contohnya mangga manalagi, mangga arumanis). Jangan lupa, hindari pemberian gula dan garam, agar si kecil bisa mengenali rasa alami dari setiap buah yang disajikan.

  • Usia 7 – 8 bulan

Makanan Pendamping ASI pada usia ini sudah mulai dikenalkan dengan sayuran dan karbohidrat kompleks seperti bubur yang terbuat dari beras. Pada tahap pengenalan ini sebaiknya tidak ditambah protein hewani, jika ingin menambahkan protein bisa ditambahkan tempe.

Makanan pokok yang dapat diberikan misalnya yang terbuat dari beras putih, beras merah, kentang, ubi jalar merah, ubi jalar ungu, jagung manis dan labu kuning. Sedangkan sayuran yang aman untuk bayi misalnya bayam, kangkung, wortel, tomat, brokoli, kembang kol dan buncis. Makanan disajikan dalam bentuk bubur lembut, kemudian menginjak usia 8 bulan mulai dikenalkan dalam bentuk bubur saring.

  • Usia 9 – 10 bulan

Pada usia ini bayi sudah mulai dikenalkan dengan makanan protein hewani dengan dikombinasikan bersama sayuran dan makanan sumber karbohidrat. Makanan sumber protein hewani yang dapat diberikan antara lain : telur, hati ayam/sapi, ikan, ayam, daging sapi dan keju.

Selain itu si kecil juga sudah mulai dikenalkan dengan jenis kacang-kacangan seperti : kacang merah dan kacang hijau.  Makanan pendamping ASI disajikan dalam bentuk bubur saring, dan menginjak usia 10 bulan mulai dikenalkan dalam bentuk makanan tim.

  • Usia 11 – 12 bulan

Menginjak usia 11 bulan, makanan pendamping ASI yang diberikan sudah dalam bentuk makanan tim. Buah dan biskuit  disajikan sebagai makanan selingan.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » kangkung untuk bayi 6 bulan » makanan bayi umur 6 bulan sampai 1 tahun » menu makanan bayi 6 bulan sampai 1 tahun

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector