jangle-tacks
Tahukah Anda Apa Saja Yang Menjadi Kandungan ASI?

Tahukah Anda Apa Saja Yang Menjadi Kandungan ASI?

Kandungan ASI. ASI adalah anugerah terbesar bagi seorang ibu yang wajib diberikan kepada buah hatinya, karena kandungan ASI adalah makanan terbaik dan sesuai dengan tumbuh kembang bayi. Kandungan ASI nyaris tak tertandingi. Professor Guido Moro dari Macedonis Melloni Maternity Hospital di Milan, mengatakan bahwa dua pertiga bagian sistem kekebalan tubuh bayi ada di bagian perutnya. Karena alasan tersebutlah maka kandungan ASI yang terdiri zat gizi terbaik diperlukan bagi proses tumbuh kembang otak dan daya tahan alami bayi anda.

ASI diproduksi dalam waktu tiga hari hingga seminggu setelah ibu melahirkan. Lumrah sekali jika dalam masa produksi tersebut jumlahnya sedikit demi sedikit. Biasanya keadaan ini disebabkan kecenderungan ibu untuk cemas akan kondisi bayi sehingga mempengaruhi produksi ASI. Tetapi keadaan ini tidak berlaku bagi para ibu yang memiliki anak lebih dari satu, yang mana di hari ke dua sudah bisa lancar memproduksi ASI.

Nah, sekarang kita masuk ke bahasan apakah kandungan ASI tersebut? Terdiri dari apa saja dan mengapa tidak tergantikan?

Kandungan ASI yang utama terdiri dari:

1. LAKTOSA, jenis karbohidrat utama dalam kandungan ASI. Berkontribusi sebagai sumber energi, dan jika diolah menjadi glukosa dan galaktosa berguna bagi perkembangan system syaraf, juga untuk penyerapan kalsium dan magnesium.

2. LEMAK, zat gizi terbesar kedua di ASI. Sumber energi  utama bayi juga untuk pengaturan suhu tubuh bayi. Mengandung komponen asam lemak esensial yaitu: asam linoleat dan asam alda linolenat  yang akan diolah menjadi AA dan DHA yang berguna untuk perkembangan otaknya.

3. OLIGOSAKARIDA, merupakan komponen kandungan ASI yang berfungsi sebagai prebiotik. Mempunyai manfaat untuk: memperkuat system kekebalan tubuh bayi yang baru lahir dan memiliki efek anti infeksi dengan melapisi dinding usus dan menekan pertumbuhan bakteri pathogen. Kandungan ASI berupa oligosakarida ini membuat feses bayi bertekstur lembut sehingga menghindari buah hati dari keluhan konstipasi atau sembelit.

4. PROTEIN, komponen dasar protein adalah asam amino, berfungsi untuk membentuk struktur otak. Sedangkan jenis amino lainnya yaitu taurin, triptofan, dan fenilalanin adalah senyawa yang berperan dalam proses ingatan.

Selain kandungan ASI yang tersebut di atas, faktor penting yang menjadi kandungan ASI adalah zat antibodi yang mensupport kekebalan tubuh si kecil, selain berbagai enzim seperti lipase yang membantu penyerapan seluruh zat gizi. Enzim ini tidak terdapat dalam susu formula karena akan rusak bila dipanaskan. Karenanya memang ASI tidak tergantikan, dan ibu dianjurkan memberikan ASI eksklusifManfaat ASI Eksklusif Bagi Kesehatan Bayi. Baca selengkapnya ... » selama 6 bulan.

Oya sebagai info tambahan ASI ini juga bisa dibagi ke dalam tiga bagian. Secara singkat, tiga tahapan tersebut terdiri dari:

  1. Kolustrum, kandungan ASI dalam tahapan ini tinggi protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi.
  2. ASI peralihan. Kandungan ASI jenis ini terdiri dari lemak dan laktosa dalam jumlah yang meningkat, sedang kadar immunoglobulin dan protein mulai turun.
  3. ASI matur relative konstan, tidak menggumpal bila dipanaskan. ASI yang keluar dalam tahapan 5 menit pertama disebut ‘foremilk’ yang rendah lemak, tinggi laktosa, gula, protein, mineral dan air.  Setelah 5 menit berikutnya, kita sebut dengan ‘hindmilk’ yang kaya akan lemak dan nutrisi yang akan membuat bayi anda cepat kenyang.

Jadi bunda, jangan ragu untuk berkomitmen memberikan ASI kepada buah hati ya. Apalagi setelah melihat kandungan di dalamnya, adalah yang terbaik dn tidak tergantikan. Happy breastfeeding!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » kandungan asi » kandungan asi eksklusif » apakah asi itu sari makanan dari apa yang ibu makan

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector