jangle-tacks
Aturan Menu Makanan Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Aturan Menu Makanan Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Menu Makanan BayiMakanan Bayi. Baca selengkapnya ... » – Pada dasarnya bayi mulai umur 6 bulan,  ia sudah harus di beri makanan pendamping ASIPanduan Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Sampai 1 Tahun. Baca selengkapnya ... ». Selain karna tubuhnya mulai membutuhkan berbagai zat  penunjang pertumbuhan, pada usia ini bayi juga harus mulai di latih untuk mengenal berbagai macam makanan dalam rangka menyeimbangkan sistem pencernaan dan untuk membantu kekebalan tubuhnya.

Ada berbagai resep menu makanan bayi untuk usia 6 – 12 bulan yang bisa di racik sendiri oleh sang ibu. Namun, sebelum memberikan menu yang hendak di sajikan, hendaknya seorang ibu memperhatikan terlebih dahulu  berbagai jenis bahan makanan yang diperbolehkan dan yang belum diperbolehkan untuk bayi usia 6 – 12 bulan.

Berikut adalah bahan makanan yang  harus dihindari untuk bayi usia 6 – 12 bulan:

  1. Kacang-kacangan, terutama kacang tanah.
  2. Garam dan gula.
  3. Gandum, barbley, havermount dan beberapa aneka olahan roti serta aneka sereal yang mengandung gluten.
  4. Ikan dan kerang-kerangan.
  5. Susu sapi segar atau susu formula, dan produk olahan susu, seperti yogurt.
  6. Bumbu masak atau penambah cita rasa, seperti garam, gula ,kecap, dan bahan pemanis lain.

Selain  memperhatikan jenis bahan makanan yang tidak di anjurkan, berikut juga musti diperhatikan cara penyajian saat memasak. Pada dasarnya ada berbagai macam cara mengolah makanan bayi, namun cara-cara yang tidak tepat terkadang akan mengurangi manfaat dari jenis menu makanan itu sendiri.

Berikut adalah tips jitu untuk mengolah menu yang akan di sajikan sebagai menu makanan bayi usia 6 – 12 bulan:

1. Dengan cara di rebus.

Gunakanlah sedikit air saat merebus bahan makanannya. Untuk sayur dan buah, usahakan jangan direbus terlalu lama ( overcook) supaya kandungan gizi dan vitamin tidak larut.

2. Dengan cara di kukus.

Mengukus bahan makanan untuk menu bayi merupakan cara yang sangat  baik untuk tetap menjaga rasa serta mempertahankan vitamin yang terkandung dalam buah ataupun sayuran. Terutama untuk jenis bahan yang mengandung vitamin B dan C, karna jenis vitamin ini sangat mudah luntur jika di masak pada air panas terlalu lama.

3. Dengan microwave.

Caranya, irislah buah atau sayuran, kemudian taruh pada piring khusus untuk microwave. Lalu tambahkan sedikit air dan masak hingga lunak. Haluskan dan aduk rata. Sebelum di sajikan, coba di tes dulu suhunya.

Selamat mencoba.

 

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » makanan bayi 6 bulan » makanan untuk bayi 6 bulan » resep makanan bayi 6 bulan

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector