jangle-tacks
Apakah Makanan Pendamping Asi

Apakah Makanan Pendamping Asi

Makanan yang paling utama adalah ASI. Semua gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi telah terkandung di dalamnya, khususnya bagi bayi dengan usia di bawah 6 bulan. Bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah bisa diberi tambahan makanan pendamping ASIMakanan Pendamping ASI Yang Tepat. Baca selengkapnya ... ».

Makanan pendamping ASI adalah makan tambahan selain susu, hal ini diperbolehkan karena sistem pencernaan bayi sudah hampir sempurna. Namun makanan yang diberikan harus yang bertekstur lembut seperti bubur bayi. jika salah memberikan pengenalan makanan bayiResep Makanan Bayi. Baca selengkapnya ... » ini dapat menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi seperti terjadinya sembelit atau malah terjadinya perut kembung.

Pemberian makanan tambahan disebabkan karena kebutuhan nutrisi untuk bayi semakin meningkat dan pemberian ASI saja sudah tidak mencukupi lagi. Bayi yang sudah berusia 6 bulan harus mendapatkan asupan mineral, protein dan karbohidrat yang tidak terkandung dalam ASI.  Pemberian makanan tambahan harus dilakukan secara bertahap karena bayi butuh pengenalan terlebih dahulu. Pemberian makanan tambahan harus disesuaikan kekentalannya agar bayi tidak tersedak. Sebaiknya pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, alpukat dan pepaya.

Biasanya bayi lebih senang dengan makanan yang rasanya manis oleh sebab itu diberikannlah makan berupa buah. Namun bayi jangan diberikan buah saja, melainkan harus diberikan sayuran agar bayi menyukai sayuran juga. Pemberian makan bayi pada usia 6-10 bulan harus bertekstur kental dan agak cair seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran. Dan pada usia 10-12 bulan makanan bayi harus sedikit keras seperti bubur tim. Dan pada usia 12-24 bulan bayi mulai diberi makan yang agak keras. Hindari makanan-makanan yang dapat mengganggu organ pencernaan.

Sebagai seorang ibu harus mengetahui jadwal pemberian makan tambahan. Sebaiknya pada bayi yang berusia 6 bulan, diberikan makan 2 kali sehari agar bayi tidak merasa bosan. Biasanya pemberian ASI setiap 2 sampe 3 jam sehari, namun jika sudah diberikan makan tambahan sebagai makanan pendamping ASI, bayi diberikan ASI sekitar 3 atau 4 jam. Jika bayi sudah terbiasa dengan makan tambahan, maka porsi makanan tambahan pun di tingkatkan menjadi 3 kali.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » jadwal pemberian makanan pendamping asi » berapa kali bayi 7 bulan makan dalam sehari » berapa kali sehari bayi 6 bln diberi pure buah?

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector