jangle-tacks
Bayi Tumbuh Gigi – Hal Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Bayi Tumbuh Gigi – Hal Yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Bayi tumbuh gigiBayi Tumbuh Gigi. Baca selengkapnya ... » biasanya merupakan masa-masa yang dinantikan oleh para orang tua. Namun, masa-masa ini bisa menjadi masa yang cukup merepotkan baik bagi si bayi maupun orang tua karena ada nya beberapa faktor yang membuat si bayi merasa tidak nyaman bahkan ada yang sampai mengalami demam, rewel dan lain-lain.

Nah, untuk mengerti lebih lanjut mengenai apa saja yang perlu diketahui oleh setiap orag tua mengenai masa ini, mari kita simak informasi singkat di bawah ini.

Kapan Bayi Tumbuh Gigi

Pada dasarnya, pertumbuhan gigi sudah dimulai sejak dari kandungan, tetapi belum muncul menembus gusi. Usia yang umum ketika gigi mulai muncul dan menembus gusi adalah sekitar 4-7 bulan, dimana gigi yang pertama kali muncul biasanya adalah 2 gigi bawah di bagian tengah.

Sebagian anak mengalami demam beberapa gejala lain pada masa bayi tumbuh gigi ini, antara lain:

  1. Mulai suka menggigit-gigit
  2. Produksi air liur meningkat dan bayi suka ‘ngeces’ (mengeluarkan air liur terus menerus)
  3. Gusi menjadi sensitif dan bengkak. Hal ini biasanya membuat bayi menjadi rewel dan mudah menangis karena rasa sakit maupun tidak nyaman yang dirasakannya.
  4. Bayi susah makan
  5. Bayi mengalami susah tidur

Jika bayi Anda mengalami gejala semacam itu pada usia seperti yang disebutkan di atas, maka Anda dapat mulai melihat pada gusi si anak untuk memastikan bahwa proses bayi tumbuh gigi sudah dimulali

Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Dampak dari gejala di atas?

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membantu si kecil dalam mengurangi rasa sakit atau rasa tidak nyaman akibat dari proses ini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Berikan sesuatu utuk dikunyah-kunyah tetapi tidak mudah hancur atau tidak mengakibatkan bayi tersedak, misalnya kain handuk kecil (washcloth) yang sudah didiamkan di freezer selama 30 menit. Pastikan kain yang Anda pakai benar-benar bersih dan steril.
  • Mainan karet khusus untuk digigit-gigit (rubber teething toy). Hindari yang berisi cairan/air karena ada kemungkinan bisa bocor atau pecah.
  • Usap secara lembut wajah bayi Anda dengan kain halus untuk menghilangkan air liur yang menetes terus serta menghindari ruam di sekitar pipi.
  • Usap-usao gusi bayi Anda secara lembut dengan jari Anda. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan bersih

Nah, semoga sekelumit informasi di atas mengenai bayi tumbuh gigi bisa bermanfaat untuk Anda.

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Hasil pencarian artikel ini dengan: » gejala tumbuh gigi pada bayi » gejala tumbuh gigi » pertumbuhan gigi pada bayi dan balita

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector