Usaha tambahan yg menguntungkan – Bagi sebagian besar Ibu Rumah Tangga hal ini menjadi dilema. Bekerja dengan konsekuensi perhatian terhadap keluarga terutama anak berkurang atau resign dari pekerjaan sekarang dengan konsekuensi penghasilan berkurang. Atau hanya mengandalkan penghasilan suami.

Bagian sebagian Ibu Rumah Tangga yang memiliki suami dengan pekerjaan mapan tentu hal ini tidak menjadi masalah. Ya sudah, resign aja. Dari pada mengorbankan anak. Mungkin begitu kata mereka. Tapi bagi sebagian Ibu Rumah Tanggal yang lain, ini tentunya menjadi masalah. Kenapa? Karena mungkin saja suami mereka memiliki gaji yang tidak terlalu besar alias pas-pasan

Lalu, apakah ada solusi bagi kelompok Ibu Rumah Tangga yang kedua? Saya katakan, ada. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang tetap bisa dilakukan walaupun mereka hanya berada dirumah. Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga relatif mudah untuk dijalankan, hanya saja memang butuh konsistensi dalam menjalaninya pada awal-awal.

1. MENJADI BLOGGER

Wah, yang benar aja! Mungkin itu kata yang muncul dipikiran anda. Tapi yang perlu anda ketahui, menulis di blog itu tidak hanya pekerjaan anak-anak muda sebagai ajang curhat-curhatan atau sekedar memajang foto kegiatan mereka secara online tetapi juga bisa dilakukan oleh anda yang saat ini berperan sebagai Ibu Rumah Tangga. Ya. Blogging merupakan salah satu peluang usaha sampingan untuk rumah tangga

Anda bisa menulis sesuatu hal dengan topic spesifik, dengan target usia diatas 20 tahun dan jika ada pengunjung yang berkunjung sebagian besar dari mereka adalah calon-calon pembeli.

Kenapa kita perlu menargetkan hal-hal seperti diatas? Kita perlu menargetkan dengan kriteria tersebut supaya suatu saat nanti kita bisa menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan atau menyediakan slot iklan bagi pemilik produk yang ingin memasang iklannya di website kita

Jika pengunjung blog anda ramai dan tertarget, maka pemasang iklan tidak akan segan-segan membayar mahal. Dari beberapa riset yang saya lakukan untuk website yang memenuhi criteria diatas harga satu slot iklan ukuran 160 x 600 adalah sekitar 1,5 juta per bulan.

Jadi sekarang sudah kebayangkan, potensi income yang bisa anda dapatkan hanya dengan meluangkan waktu menulis sebanyak 3 sampai 4 tulisan per minggu.

2. MENJADI PENERJEMAH ONLINE

Peluang usaha sampingan lainnya yang bisa digeluti oleh Ibu Rumah Tangga adalah menjadi penerjemah. Jika pekerjaan pada nomor satu tidak cocok dengan anda atau mungkin anda merasa tidak berbakat untuk menjadi penulis, maka mungkin pekerjaan nomor 2 ini cocok untuk anda.

Pekerjaan nomor 2 ini memang membutuhkan kemampuan khusus, yakni menguasai bahasa tertentu seperti bahasa inggris, bahasa mandarin, spanyol dan lain sebagainya. Ya. Anda bisa menjadi penerjemah.

Perbedaan bahasa merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh sebagian besar orang. Dan masalah ini merupakan opportunity atau peluang bagi anda untuk menghasilkan.

Caranya sangat mudah, anda tinggal membuat sebuah website dan kemudian menawarkan jasa anda secara online. Anda bisa menerjemahkan tulisan, video atau audio ke bahasa yang diminta oleh klien. Anda bisa membebankan biaya per jumlah kata yang anda terjemahkan atau menggunakan criteria lain.

Jika anda memang sudah menguasai bahasa tertentu dengan baik, maka pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang sulit bagi anda. Lalu berapa potensi incomenya? Untuk potensi income tergantung pada jumlah klien dan harga yang anda tetapkan.

Baca juga: Peluang bisnis jasa penerjemahan Bahasa Inggris

Jika anda yang belum mampu berbahasa Inggris dengan baik, mulailah berbenah. Luangkan waktu anda untuk mempelajari bahasa yang satu ini, karena banyak sekali peluang kerja sampingan yang bisa anda lakukan jika anda menguasai bahasa Inggris ini.

Jika anda memiliki waktu dan dana yang terbatas, anda bisa mengikuti kursus secara online. Saat ini banyak sekali sumber belajar bahasa inggris yang bisa anda manfaatkan. Baik yang berbayar maupun yang gratisan.

Baca : Review tempat kursus Bahasa Inggris Online dengan peserta kursus lebih dari 100.000 orang

3. JUALAN BARANG BARANG BAGUS

Jika anda tidak suka menulis, juga tidak memiliki kemampuan untuk menjadi penerjemah, maka anda bisa menekuni pilihan yang ketiga ini. Anda bisa berjualan barang-barang fisik. Bisa jualan pakaian, barang elektronik atau barang-barang antik.

Saya tidak punya toko pakain, tidak punya barang elektronik untuk dijual atau barang-barang antik, lalu bagaimana caranya saya jualan? Jangan khawatir, anda bisa menjualkan barang-barang orang lain. Dan inilah salah satu keunggulan ketika kita berjualan secara online. Kita tidak butuh stock barang, bahkan kita tidak perlu mengurus packing serta pengiriman.

Coba ketikan saja kotak pencarian google kata-kata “dropship” atau “reseller” ditambah dengan nama barang yang anda jual. Misalnya “Dropship Pakaian Muslimah”, “Reseller Pakain muslimah”, maka akan muncul daftar website yang menyediakan system dropship. Selanjutnya tinggal anda hubungi pemilik barang-barang droship tersebut.

Note: Untuk informasi lebih lanjut tentang dropship silahkan anda baca disini

Saya nggak punya website, saya juga nggak bisa membuat website sendiri! Gimana dong solusinya? Anda bisa belajar secara autodidak. Banyak sekali artikel yang bisa anda baca yang akan menuntun anda untuk bisa membuat website sendiri.

Namun jika anda ingin lebih cepat dan praktis, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang juga banyak tersedia di Internet. Salah satunya adalah jasa pembuatan website di Manggale Web Development

4. JUAL KEAHLIAN YANG ANDA MILIKI

Peluang usaha sampingan untuk Ibu Rumah Tangga yang berikutnya adalah menjual keahlian. Sebenarnya pekerjaan pada nomor 2 merupakan bagian dari nomor 4 ini. Tapi nggak apa-apa, kita akan coba bahas secara terpisah.

Jika anda memiliki keahlian tertentu, anda juga bisa menawarkannya secara online. Misalnya anda ahli design grafis, maka anda bisa menawarkan jasa ini di internet. Atau bisa menjual karya-karya yang sudah anda buat di internet.

Untuk potensi penghasilannya sangat menjanjikan, karena peminatnya cukup banyak.

Setidaknya itulah beberapa pekerjaan yang bisa ditekuni oleh Ibu Rumah Tanggal dari rumah tanpa menghabiskan banyak waktu atau mengurangi waktu berinteraksi dengan keluarga.

Namun, sama halnya dengan dunia offline, pekerjaan ini juga membutuhkan perencanaan yang matang, kerja keras, kesabaran serta konsistensi sehingga betul-betul menghasilkan.

Jika anda masih bingung dengan peluang usaha yang kami paparkan di website ini, silahkan berkomentar dibawah ini, siapa tahu dengan berdiskusi melalui kotak komentar dibawah ini, terutama terkait dengan usaha sampingan ibu rumah tangga, bisa memberikan ide dan inspirasi berharga bagi kita semua.

Jadi, jangan sungkan untuk memberikan ide anda di sini.

Oh ya, jika anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman anda di facebook, twitter maupun di google+1.

Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi anda semuanya.